Google Chromebook : New consept for laptop :)


Google dalam 2.5 tahun terakhir ini telah mengguncang dunia gadget dengan kehadiran OS besutan mereka, Android. Ternyata ada lagi sesuatu yang baru kini dihadirkan Google yakni gadget yang mereka beri nama Chromebook.

Ini sebenarnya telah mereka perkenalkan sekitar pertengahan tahun ini, kali ini mereka merilis generasi selanjutnya dari Chromebook. Untuk kembali menyegarkan ingatan kita tentang apa itu Google Chromebook ada baiknya kita menyimak video berikut:



Benar, Google Chromebook adalah konsep baru untuk sebuah laptop. Chromebook bukanlah sebuah laptop biasa yang memerlukan spesifikasi hardware yang super, ia adalah sebuah alat untuk berselancar di dunia maya. Chromebook tanpa internet adalah bukan apa-apa. Segala aktifitas pada Chromebook dilakukan secara online. Bahkan kita tidak memerlukan harddisk dengan kapasitas besar untuk menyimpan segala data yang kita miliki. Google telah menyediakannya sebesar 100 GB di Google Drive (cloud storage) gratis selama 2 tahun. Konsep yang benar-benar fresh dan unik.

Banyak sekali keunggulan Chromebook yang dapat kita peroleh:
-Menggunakan konsep Cloud Computing
-OS Chromebook
-Waktu start up (booting awal) yang cepat yaitu sekitar 8 detik
-Seluruh data tersimpan di Cloud Storage yang telah disediakan oleh google
-Automatically up date
-Tidak membutuhkan anti virus
-Baterai yang lebih awet, google mengklaim bisa digunakan seharian
-Jika terjadi kehilangan maka tidak perlu khawatir akan kehilangan file dan data penting

Namun demikian kekurangan Chromebook yang sangat krusial terutama di Indonesia adalah sangat bergantung sepenuhnya dengan jaringan internet. Seperti kita ketahui di tanah air jaringan internet masih belum merata, bahkan di kota-kota besar sekalipun.
Baru-baru ini Google menggandeng Samsung untuk kembali mengeluarkan Chromebook dengan harga yang relatif terjangkau yaitu sekitar 249 dollar AS. Spesifikasinya juga terbilang lumayan. Chromebook ini memiliki ukuran layar 11,6 inci (resolusi 1366 x 768) dengan prosesor Samsung Exynos 5 Dual (5250) berbasis SoC ARM Cortex-A15. Media penyimpanan yang diberikan berupa Solid-State Disk (SSD) sebesar 16 GB plus cloud storage di Google Drive sebesar 100 GB gratis selama dua tahun.
Tertarik memiliki gadget idealis ala Google ini? Kita tunggu saja ia hadir di Indonesia.

SUMBER

This entry was posted on Minggu, 28 Oktober 2012. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response.

Leave a Reply

@yudhaKaa. Diberdayakan oleh Blogger.