Worm Virus Bukan Worm Cacing lho ya


Apa Itu Worm, & Bagaimana Mencegahnya? Kita cenderung menyebut semua program berbahaya bagi komputer adalah virus. Secara spesifik, da juga yang disebut dengan worm atau cacing. Apa sebenarnya worm ini? Worm, sedikit berbeda dengan malware. Jenis program pengganggu ini tidak menginfeksi file komputer, tapi dapat menggandakan dirinya ke suatu folder pada mesin pengontrol. Ini hanya bentuk lain dari virus komputer yang menginfeksi file host, dan bukan sebuah program yang berdiri sendiri.

Ada beberapa jenis worm komputer. Apa saja itu?

1. Worm email

Salah satu yang sempat heboh pada Mei 2000 lalu, adalah worm ILOVEYOU. Worm ini menyebar melalui lampiran pada email, atau link yang ada dalam email, dan aktif begitu lampiran tersebut diiunduh atau link itu diklik. Jika itu terjadi maka email yang bersangkutan akan secara otomatis menyebarkan lagi worm tersebut ke semua alamat email yang terhubung dengannya.

2. Worm pesan instant

Adajuga worm pesan instant yang menyebar di layanan pesan instan dengan membagi link web atau file. Misalnya saja worm Internet Relay Chat yang menyerang user di kanal chat dengan mengirim link berbahaya.

3. Worm internet

Yang menyebar ke seantero internet untuk mencari komputer yang tidak terproteksi. Yang tertual adalah worm Morris, muncul pada tahun 1998 dan yang terkenal adalah worm Conficker yang muncul tahun 2008.

4. Worm penyebar file

Worm ini muncul dan dengan cepat mengadopsi jejaring peer to peer untuk berbagi file. Salah satu kasus yang paling heboh adalah yang terjadi tahun 2001 yang menyebabkan jaringan Napster mengalami down.

Sekali worm menelusup ke dalam komputer, mereka akan berusaha menginstal sebuah backdoor yang memungkinkan mereka menginstal lebih banyak malware. Pada dasarnya worm hanyalah jalan pembuka bagi serangan malware.

Sebagai contoh, varian Conficker menginstal botnet pada komputer-komputer yang sudah mereka susupi. Botnet ini dipakai untuk tujuan kriminal, seperti menyebar spam, atau membanjiri server web dengan data tak berguna. Worm jenis lain juga menginstal pesan palsu yang meminta user membeli produk antivirus palsu. Bahkan menghasilkan Trojan yang dapat membajak transaksi online banking.

Tips Lindungi Diri

Untuk melindungi diri dari worm, kita dapat melakukan langkah:

-Batasi agar akun pengguna komputer tidak dapat menginstal sembarang software.
-Pasang firewall pada jaringan komputer, sehingga membatasi aktivitas yang tidak diinginkan.
-Gunakan software antivirus yang andal, dan selalu di-update, serta pindai semua file yang diunduh.

Sumber : Internet Sehat

This entry was posted on Selasa, 04 September 2012. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response.

Leave a Reply

@yudhaKaa. Diberdayakan oleh Blogger.